Breaking News

Ratusan warga 2 kecamatan di Kutai Timur terjebak banjir

Ratusan warga 2 kecamatan di Kutai Timur terjebak banjir




Banjir merendam dua kecamatan di Kutai Timur, Kalimantan Timur, sejak Sabtu (28/4) pagi. Ratusan orang sampai malam tadi dievakuasi tim SAR gabungan. Lima di antaranya warga yang sedang sakit.


Proses evakuasi mulai dilakukan jelang tengah hari, baik di kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Perahu karet diterjunkan, untuk melakukan proses evakuasi warga yang terjebak di dalam rumah mereka.
"Kami bersama unsur SAR gabungan, terjunkan tim evakuasi warga di beberapa lokasi. Ketinggian air 50-75 sentimeter," kata Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kaltim-Kaltara Octavianto.
Octavianto menerangkan, warga yang dievakuasi, umumnya terkepung air yang merendam rumah dan lingkungan mereka. "Jadi warga terjebak, maupun juga ada yang sakit. Kita gunakan rubber boat," ujar Octavianto.
Octavianto menerangkan, ada 2 tim Basarnas pos SAR Sangatta di Kutai Timur, ikut terlibat bersama unsur SAR lainnya. Warga dievakuasi ke tempat yang lebih aman dari banjir.
"Ada puluhan sampai ratusan orang dievakuasi. Lima di antaranya termasuk warga yang sedang sakit," ungkap Octavianto.
Tim SAR gabungan sudah mendirikan posko penanganan bencana banjir. "Posko bertugas sampai air surut," demikian Octavianto.
Banjir di 2 kecamatan di Kutai Timur disebabkan curah hujan yang tinggi dalam sepekan terakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah beberapa kali memberikan informasi potensi curah hujan deras di Kalimantan Timur.
"Kami memang bersama tim gabungan lain, melakukan evakuasi warga akibat banjir di Sangatta Utara dan selatan," kata petugas BPBD Kutai Timur, Romi.